Puncak Pass, Gunung Apa Hayo?


siapa orang Jakarta yang nggak pernah ke Puncak? wah, bukan orang jakarta kalau memang nggak pernah melihat, menjejakkan kakinya, atau bahkan sekedar mendengar yang namanya Puncak. Puncak terkenal di kawasan perbatasan Bogor - Cianjur sebagai salah satu tujuan wisata utama (bukan alternatif lagi) masyarakat Jakarta dan sekitarnya ini. Puncak sendiri memiliki Puncak Pass sebagai batas tertinggi yang dapat dijelajahi sebelum kendaraan yang anda bawa bersiap menuju area yang lebih rendah lagi.

Puncak sendiri membawa berkah bagi wilayah penyangga di sekitarnya, sebut saja Cipanas, Pacet, Cibodas, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Cipayung, Cibogo, Bogor, hingga Cianjur bahkan! wilayah seputaran Puncak menjadi salah satu tempat utama untuk melepaskan penat bagi warga Jakarta dan sekitarnya. alhasil, setiap akhir pekan (dan bukan akhir pekan) wilayah ini terkenal dengan kemacetan yang tiada taranya. setiap mobil atau kendaraan yang ingin keluar masuk wilayah ini harus rela antre berjam jam sebelum mampu menembus kemacetan di wilayah ini. belum lagi dihadang kemacetan di sepanjang tol Jagorawi menuju Jakarta dan di dalam wilayah jakarta itu sendiri. benar benar suatu liburan yang tidak menyenangkan.

terlepas dari masalah beban puncak yang sudah tidak mampu ditanggunggnya lagi, dan perubahan peruntukkan wilayah kawasan tersebut menjadi kawasan lain, apakah pernah ada yang tahu, kalau kita mengunjungi kawasan tersebut, kita sedang berada di puncak gunung apa?

saya yakin, banyak orang tidak mengetahui gunung yang sedang mereka kunjungi setiap akhir pekan ini. Bahkan dari namanya sekalipun, orang-orang tidak akan pernah bisa menebak namanya. kebanyakan dari kita hanya mengetahui sejumlah gunung yang berada di wilayah Jawa Barat seperti Gunung Salak, Gunung Gede, Gunung Pangrango, Gunung Mas, dan gunug lainnya. (saya yakin gunung yang anda tebak adalah gunung Gede).

jadi, trivia untuk minggu ini. Gunung apakah yang terletak di kawasan Puncak Pass?
Gunung Sumbul menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut. gunung yang namanya tidak terkenal ini menjadi lokasi kawasan yang kerap dipadati oleh pengunjung setiap akhir pekan dan setiap saat. wilayah gunung ini tentu saja meliputi perkebunan teh yang anda naiki selepas keluar dari Cipayung, Bogor hingga masuk kembali ke kawasan perkotaan di Cipanas, Cianjur. berterima kasihlah pada arsitek jaringan jalan yang membangun jalan utama di wilayah ini, sebab apabila jalan ini tidak ada, maka terputuslah hubungan antara Ciawi hingga Cianjur (what an avalanche!)

0 komentar:

Post a Comment