Annai Vellangkani, Ziarah Di Asam Kumbang Medan

Tidak disangka, dalam perjalanan pulang dari Asam Kumbang menuju pusat kota Medan, kami menjumpai suatu bangunan menarik yang sama sekali kami tidak ketahui sebagai lokasi tempat wisata, terkecuali karena bangunannya yang unik. Lokasi ini terletak di tengah-tengah jalan raya Asam Kumbang – Medan. Apabila bangunannya tidak tinggi, maka kami pun niscaya tidak akan menemukan lokasi ini.


Adalah Gereja Bunda Maria Annai Vellangkani, yang memiliki arsitektur khas India (sesuai dengan adopsi nama India pada Gereja Bunda Maria), namun dipergunakan sebagai tempat ziarah bagi umat Nasrani terutama Katolik. Bangunan dengan bentuk keseluruhan yang menyerupai candi ini memang unik. Dari kejauhan, bentuknya seperti candi-candi yang biasa dilihat di daerah Jawa/Sumatera atau India. Arsitektur India dan Hindu jelas mempengaruhi warna dan fisik bangunan Gereja ini.


Terdiri atas 3 lantai dimana lantai pertama sebagai lokasi pastoran, goa maria dan taman bermain bagi anak-anak, lantai kedua sebagai tempat misa/beribadat dan lantai ketiga sebagai lokasi jalan salib. Pada lantai pertama, yang unik adalah tangga melingkar menuju lantai 2, lokasi tempat misa, dimana pada sisi tangga dilukis proses 7 hari Tuhan menciptakan dunia ini, mulai dari cahaya, langit dan bumi, lautan, tumbuh-tumbuhan, hewan dan manusia serta Tuhan beristirahat. Pada beberapa sisi juga tergambar Adam dan hawa yang terusir dari taman Eden. Selain itu, pada lantai 1 terdapat Gua maria, patung Yesus dengan anak-anak, lokasi bermain jungkat-jungkit dan perosotan, serta lokasi berdoa kepada John Pope II.


Naik ke lantai 2, jangan lupa untuk melepas alas kaki anda sebelum masuk ke ruang misa. Di dalam ruang misa, anda akan tertegun dengan ruangan bervoid yang sungguh indah. Atapnya dilukis Bunda Maria dengan cahay bersinar di kepalanya laksana matahari bagaikan dewi dari India sana. Di sepanjang pinggiran plafon atap tertulis kata-kata suci yang biasanya akan anda temukan di alkitab, bahkan lengkap dengan aksara mandarin, inggris dan tentu saja india. Anda juga akan berhadapan dengan altar suci yang teramat cantik.


Lantai 3, hanya satu pintu di sisi kanan altar yang dibuka, membuat kami dapat naik ke lantai atas. Fasilitas Jalan salib terlihat dengan jelas disini dengan cermin patri di seputar dinding lantai ini yang mengisahkan perjalanan sengsara Tuhan Yesus Kristus. Selain itu, yang menarik, di pinggiran balkon terdapat patung 12 orang rasul Kristus, lengkap dengan nama dan karakter mereka masing-masing.


Memang, menurut informasi yang didapat, gereja ini tidak mempunyai umat. Namun, dalam perjalanan kami mengunjungi gereja ini, kami menjumpai beberapa keluarga dari Jakarta yang memang berniat ke gereja ini untuk berziarah. Gereja ini memang dibuka untuk fungsi penziarahan. Setelah kami mencari lebih banyak lagi sumber, maka kami mengetahui bahwa Gereja Bunda Maria Annai Vellangkani ini tercatat dalam kunjungan wisata ziarah resmi ke wilayah Seputar Sumatera Utara, bersanding dengan Gereja Deli dan Black Madonna. Jangan lupakan kunjunan ke gereja ini apabila anda melintasi wilayah Asam Kumbang! Lokasinya yang agak tersembunyi akan membuat anda menyesal apabila melewatkan lokasi tanpa sempat masuk dan berkunjung ke dalamnya.


0 komentar:

Post a Comment