The Big 5 Museum by Jelajah Kota Tua

Wah, senangnya seperti anak kecil! Hari minggu tanggal 17 Juni 2007 gue gak bias tidur lantaran mau pergi kemuseum pagi ini. Udah serasa seperti mau berdarmawisata saja! Yap, Komunitas Jelajah Budaya (KJB) mengadakan Jelajah Kota Tua (JKT) yakni tur Oud Batavia (Jakarta Kota Tua) pada hari ini dengan tujuan 5 museum yang tersebar di penjuru Kelurahan Pinangsia (seputaran Stasiun Kota). Dengan biaya 50.000 rupiah per orang, anda sudah bisa mengikuti penjelajahan yang sangat dan sungguh menarik ini. Sungguh, Mall dan Plaza tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan penjelajahan ini.

Acara ini dimulai pada pukul 07.30 pagi di Museum Bank Mandiri yang terletak di Jalan Lapangan Stasiun No. 1 Jakarta – Kota. Jadi, yang belum kebiasa bangun pagi untuk mengikuti acara sejenis, bersiaplah mempersiapkan diri yah! Seperti acara pada umumnya, tampaknya Acara ini mampu menyedot khalayak ramai. Terbukti dengan sudah banyaknya pengunjung yang memadati museum ini untuk melakukan registrasi ulang. Sudah tentu, acara ini mendapatkan dukungan oleh banyak sekali sponsor yakni Lion dan Bank Mandiri. Oleh karena itu, peserta akan mendapatkan banyak sekali manfaat seperti baju sponsor, topi, snack pagi (roti buaya!) dan minuman pagi (kopi atau teh, kremer sepuasnya!), Lavenda untuk menahan gigitan nyamuk, name tag, informasi perjalanan dan seluruh tiket masuk museum yang ditanggung oleh panitia.

Sayangnya, seperti umumnya juga acara yang berjalan di Indonesia, acara ini melorot sampai pukul 08.30 karena banyaknya peserta yang baru saja datang untuk melakukan registrasi. Namun, untung saja Museum Bank Mandiri sendiri adalah lokasi yang sungguh menarik untuk dijelajahi tanpa bantuan tour guide sekalipun. Sehingga, waktu penantian yang cukup panjang dimanfaatkan oleh banyak peserta untuk menjelajahi sendiri museum tersebut, berkenalan, dan ngupi hingga ngeteh sambil makan ruti buaye.

Arah tujuan perjalanan itu sendiri ada 5 yakni diawali di Museum Bank Mandiri, berjalan kaki menuju Museum Sejarah Jakarta (Fatahillah)-melewati Stasiun Kota dan Wisma BNI 46-, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia dan kembali lagi ke Museum Bank Mandiri. Acara ini berpusat di wilayah kota sehingga bisa dijelajahi dengan menggunakan kaki saja. Bagi yang tidak biasa berjalan kaki atau bersusah payah dengan kecapekan dan manja, sebaiknya urungkan niat untuk mengikuti acara ini. Ini bukan untuk fainted heart! Acara sendiri memakan waktu hingga pukul 2 siang. Kegiatan yang dilakukan seputar mendengarkan informasi yang diberikan oleh para tour leader, menonton film jadoel, berfoto bersama, menonton pertunjukkan lainnya. Untungnya, cuaca cerah namun tidak terlalu terik membantu mensukseskan acara ini. Acara berjalan dari awal hingga akhir tanpa adanya hambatan dan gangguan.

Yang menarik, Jalan Pintu Besar yang dahulu dapat dilintasi oleh kendaraan, sekarang telah ditutup dan digantikan dengan trotoar yang besar sekali. Sungguh menyenangkan berjalan di atas trotoar nan lebar tersebut sambil mengamati bangunan bangunan tua dan menarik di sepanjang kanan dan kiri jalan. Pertunjukkan pun tidak semata-mata pada pertunjukkan museum saja, namun juga digelarlah barongsai, marching band Bank Mandiri, kuis dan door prize dari sponsor. Acara hari ini ditutup dengan tur keliling Bank Mandiri menuju puncak menara guna melihat Oud Batavia secara keseluruhan.

Secara umum, acara ini benar-benar mengasyikkan. Namun, sayangnya, kondisi museum yang kurang terawat dan kurang atraktif menjadikan nilai minus untuk perjalanan ini. Sedih rasanya melihat museum yang sepi apabila kegiatan ini tidak dilangsungkan. Walaupun demikian acara yang konon melebihi target peserta sebanyak 100 orang ini (total 180 orang) dinyatakan sukses berat. Peserta pun rata-rata puas dengan kemampuan tour guide memandu acara ini. Bintang tamu dari Amsterdam pun tidak luput didatangkan dari negeri asalnya guna menyemarakkan acara, Nico Van Horn. Beberapa elemen pendukung seperti sepeda onthel dan tentara khas inlander bertaburan mengiringi dan mengamankan acara ini sepanjang waktu.

Tertarik dengan kegiatan serupa? Komunitas Jelajah Budaya kembali menghadirkan acara sejenis namun dengan kemasan yang berbeda. KJB akan mengadakan Ride The Oud Batavia Onthel pada tanggal 1 July 2007 dengan tujuan Museum Bank Mandiri, Escompto Bank, Sungai Besar, Jembatan Kota Intan, Museum Bahari, Menara Syahbandar, Pelabuhan Sunda Kelapa, Taman Fatahillah. Acara ini tampaknya akan lebih menarik mengingat peserta akan dibonceng oleh sepeda Onthel guna menyusuri daerah-daerah tersebut. Informasi, hubungi 08179940173 atau ikutan milisnya di jelajahbudaya@yahoogroups.com.

0 komentar:

Post a Comment