Wajah Bukit Tinggi (Dari Jembatan Limpapeh)

Kota Bukittinggi terletak di Sumatera Barat bagian tengah. Kota ini mendapat julukan Bukittinggi karena diapit oleh lima buah bukit. Dari kejauhan, akan terlihat gunung Singgalang dan Marapi menghiasi kota ini. Sungguh, bukan gunung kelabu yang biasa terlihat namun gunung berwarna biru tua dengan hiasan awan atau kabut menyeruak di bagian lereng gunungnya. Benar-benar suatu pemandangan yang indah dan tidak seperti karakter gunung yang kita lihat di pulau Jawa.

Kota Bukittinggi dapat ditempuh selama 2 hingga 4 jam dari Padang tergantung kecepatan kendaraan yang anda kendarai. Kota ini terletak sekitar 90 Km jauhnya dari kota Padang, dengan menyusuri satu jalan utama yang tampaknya tidak bercabang (Jalan sepanjang Padang Panjang).

Bukittinggi sendiri memiliki sejumlah objek wisata menarik yang tidak kalah dengan ibukota Sumatera Barat. Beberapa objek wisata tersebut bahkan menduduki peringkat outstanding untuk beberapa kategori penilaian. Sebut saja Jam gadang di daerah perkotaan, Sanjai Nitta di pinggiran kota Bukittinggi, Taman Bundo Kanduang yang berisi Benteng Van Der Fock dan Kebun Binatang serta Taman Panorama di ujung atas bukittinggi, dimana kita dapat melihat Ngarai Sianouk dan Lobang Jepang, tempat para romusha bekerja pada jaman penjajahan dahulu.

Secara struktur kota, kota ini tertata dengan rapih dan manis. Beberapa sudut kota terlihat lengang dengan tidak begitu banyak mobil. Sesuatu yang teramat dirindukan oleh penduduk jakarta yang sudah penat dengan kemacetan yang setiap harinya menghiasi jalan raya. Taman – taman kota pun cukup banyak menghiasi kota beserta dengan pohon – pohon raksasa yang menghiasi banyak sudut jalan di Bukittinggi, sebut saja Taman Bung Hatta yang terletak tepat di sebelah Balai Sidang Bung Hatta. Hotel Novotel yang terletak tepat di jantung Kota Bukittinggi menyadarkan orang-orang akan modernitas yang sudah sampai ke kota ini. Dengan gaya timur tengah, ia berdiri megah di pusat kota ini.

Kota bukittinggi sendiri tampaknya tidak terlampau luas. Hal ini terlihat dengan jalan-jalan raya utamanya yang sudah kita lalui berkali-kali sebelum menempuh perjalanan ke area wisata tujuan kami. Jalanannya sedikit lebih lebar dan bervariasi ketika menyentuh daerah pinggiran Bukittinggi yang masih didominasi oleh rumah dengan kebun yang sangat luas.


0 komentar:

Post a Comment