Kunjungan Singkat Padang Panjang, Sumatera Barat

Padang Panjang adalah salah satu kota yang terletak di Sumatera Barat. Padang Panjang ini menghubungkan Padang dengan BukitTinggi, dua kota yang cukup terkenal di Sumatera Barat.

Salah satu keistimewaan Padang Panjang ialah jalur kereta api yang dimilikinya. Konon, jalur kereta apinya sudah ada semenjak jaman penjajahan dahulu. Jalur kereta api yang dimiliki pun terbilang cukup unik, yakni dengan menembus pegunungan dan perbukitan yang kami lalui dari Padang ke BukitTinggi. Di beberapa tempat, jalur kereta api mengular di tepi jalan, di tempat lainnya, jalur kereta api membelah sungai dengan sebuah jembatan busur yang kokoh dan canyik. Di tempat lainnya lagi, rel kereta api tersebut membentang perkasa di atas sungai dengan konstruksi bebatuan yang kokoh. Di tempat lain lagi, rel kereta api tersebut menembus lembah dan ngarai, masuk ke terowongan di sela-sela jurang yang kami lewati. Salah satu yang cukjup outstanding dari Padang Panjang adalah rel kereta api yang unik (kayaknya nggak digunakan lagi), perbukitan yang masih ditutupi hutan yang masih asri, dan jalur menuju BukitTinggi yang lurus-lurus ajah, alias tidak memiliki banyak persimpangan (buat yang ’doyan’ muntah atau mabojkan, hati-hati melewati jalur ini, dijamin muntah dech! Puncak aja kalah dashyat sama ini...)

Keistimewaan lainnya ialah beberapa tempat di perbukitan di Padang Panjang memang tampaknya seperti disediakan untuk berwisata, misalnya suatu jalur mobil yang tiba tiba membesar pada suatu bagian khusus dan menyempit lagi di depannya. Jalur yang membesar tersebut digunakan oleh para wisatawan yang ingin berhenti dan berfoto dengan panorama bukit di Padang Panjang yang indah dan masih asri, serta digunakan juga oleh para pedagang kaki lima untuk menjajakan souvenir maupun makanan khas dari Sumatera Barat. Lokasi ini kurang lebih bisa ditempuh dalam satu hingga satu setengah jam perjalanan dari Bandara MinangKabau


0 komentar:

Post a Comment